FOKUS :

Ketika Edhy “Tersandung” Benih Lobster

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sebagai tersangka kasus ekspor benih lobster. Dalam kasus...

1-min

Gubernur Minta Dinas Teknis Banten Segera Perbaiki Fasilitas Umum Akibat Banjir

Gubernur Banten Wahidin Halim meninjau langsung lokasi banjir di Ciledug Indah Tangerang, Rabu (1/1/2020). Dok Foto Humas Pemprov Banten untuk Sugawa.id.

 

Sugawa.id – Gubernur Banten Tinjau instruksikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Banten untuk siaga dan tanggap terhadap bencana banjir yang melanda Banten dalam beberapa hari ke depan. Satgas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten telah disiagakan untuk membantu BPBD di setiap Kab/Kota dan juga memonitor musibah banjir yang terjadi di beberapa wilayah, agar dapat terantisipasi cepat.

“Semua informasi di lapangan dikumpulkan dengan segera mengingat hujan dengan intensitas tinggi telah mengakibatkan banjir bandang, longsor dan meluapnya beberapa sungai, dan memutus berbagai akses jalan. Dinas teknis harus segera melakukan langkah-langkah secepat mungkin untuk memperbaiki akses jalan, jembatan, penyediaan air bersih maupun dapur umum agar masyarakat yang terdampak bisa segera mendapatkan bantuan,” kata Gubernur Banten Wahidin Halim kala meninjau langsung lokasi banjir di Ciledug Indah Tangerang, Rabu (1/1/2020).

Gubernur juga langsung menginstruksikan BPBD, PUPR dan Dinas Kesehatan Provinsi Banten langsung menuju ke beberapa lokasi bencana banjir di baik di wilayah Lebak, Tangerang dan Tangerang Selatan guna membantu Kabupaten/Kota yang wilayahnya terkena banjir.

Seperti diketahui hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Banten pada malam Tahun Baru telah mengakibatkan meningginya debit air beberapa sungai dan membanjiri pemukiman warga, terutama lokasi yang berada di sekitar bantaran Sungai.
Menurut informasi wilayah-wilayah yang terdampak cukup para berada Kabupaten Lebak terjadi di Kecamatan

Lebakgedong, Cipanas, Bayah. Sementara di Kota Tangerang Selatan beberapa perumahan yang terkena dampak banjir di antaranya perumahan Serpong dan di Kota Tangerang yang terkan dampak terbesar dari meluapnya Kali Pesanggrahan adalah perumahan Ciledug Indah.

Dinas Kesehatan Provinsi Banten juga sudah menyiapkan 3 posko di Kota Cilegon untuk membantu 7 Desa yang terdampak. Karena dari hasil pemeriksaan kesehatan sebagian warga yang terkena banjir mengidap penyakit Diare, Flu, Batuk, dan kulit. Sementara untuk Kabupaten Lebak, Dinkes Provinsi Banten telah menyiapkan 1 posko kesehatan utama dan 5 posko kesehatan tambahan yang berada di lima titik yakni Leuwi Sema, Cikondang, Nanggerang, Nunggu dan Kp. Bujal, serta di lokasi pengungsian yg ada di GOR desa Banjaririgasi yang menampung 269 pengungsi. (wib)

Share :