FOKUS :

Ketika Edhy “Tersandung” Benih Lobster

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sebagai tersangka kasus ekspor benih lobster. Dalam kasus...

1-min

Gubernur Banten Ajak Masyarakat Sukseskan Sensus Penduduk 2020

Gubernur Banten Wahidin Halim saat melakukan wawancara dengan sejumlah awak media. Dok Foto : Humas Pemprov Banten untuk Sugawa.id. 

 

Sugawa.id – Gubernur Banten Wahidin Halim mengajak seluruh masyarakat Banten menyukseskan sensus penduduk nasional yang akan berlangsung Februari 2020 mendatang. Sensus kali ini akan berbeda dengan sebelumnya karena akan dilakukan secara online.

“Saya berharap masyarakat ikut mendukung program nasional ini karena menyangkut kepentingan kita bersama,”papar pria yang akrab disapa WH ini, Rabu (22/1/2020).

Menurut mantan Wali Kota Tangerang ini, data kependudukan merupakan dasar dari segala program kerja pemerintah yang ditujukan kepada masyarakat. Baik itu sektor kesehatan, pendidikan, sosial, ekonomi, ketenagakerjaan hingga politik dan hukum. Dengan data penduduk yang valid, maka program pemerintah dapat terlaksana dan terimpelentasikan secara efektif dan tepat sasaran. “Jangan sampai nanti yang seharusnya menerima manfaat malah tidak menerima karena saat sensus tidak terdata,”ujarnya

Gubernur menyatakan mendukung sepenuhnya sensus penduduk nasional yang akan diselenggarakan secara online tersebut dan mengajak seluruh masyarakat Banten untuk berperan aktif menyukseskannya. “Petugas juga akan datang langsung secara door to door pada Juli 2020,”imbuh Gubernur

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Sensus Penduduk Indonesia 2020 atau disingkat SP2020 adalah pendataan penduduk Indonesia yang mencakup Jumlah penduduk, etnis, agama, pekerjaan, perekonomian, dan lain-lain. Sensus 2020 adalah sensus yang ke-7 dan berbeda dengan sensus tahun-tahun sebelumnya, hajatan rutin setiap 10 tahun ini akan dilaksanakan secara online. Badan Pusat Statistik akan memberikan kesempatan kepada penduduk Indonesia untuk berpartisipasi dalam kegiatan SP2020 dengan melakukan pendataan mandiri, tanpa proses wawancara langsung dengan petugas, melalui moda Computer Aided Web Interviewing (CAWI) yang akan dilaksanakan pada 15 Februari 2020 sampai 31 Maret 2020. Tujuan sensus penduduk ini adalah untuk mendapatkan satu data akurat terkait kependudukan, di samping juga agar data di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Cipil sinkron.

Mekanisme dari sensus penduduk kali ini adalah, masyarakat dapat mengisi data dirinya dalam website yang sudah ditentukan oleh BPS. Data diri tersebut sebenarnya sudah ada, yang didapat dari Dukcapil Pusat, sehingga masyarakat tinggal mengupdate saja jika ada perubahan data. Misalnya, terkait perubahan jumlah anggota keluarga, tingkat pendidikan dan sebagainya. Satu orang diizinkan untuk mengupdate seluruh anggota keluarganya dalam satu Kartu Keluarga. (wib)

Share :