FOKUS :

RUU PKS “Kalah Seksi” dari Omnibus Law Cipta Kerja

RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) kalah seksi dengan UU Cipta Kerja. Buktinya meski telah dibahas hampir 6 tahun, RUU ini...

1-min

Dua Pengedar 1 Kilogram Sabu Divonis PN Depok, 9 Tersangka Lain Masih DPO

Palu Hakim

ilustrasi – ist

Sugawa.id – Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Depok yang dipimpin Sri Rejeki Marsinta dengan anggota Eko Julianto dan Yulinda Trimurti Asih Muryati menjatuhi vonis berbeda terhadap dua terdakwa pengedar 1 kg sabu. Sementara 9 tersangka lain masih DPO.

Terdakwa I Rian Antoni dipidana penjara selama 12 tahun dan terdakwa II Agus Wahyudi dengan pidana penjara selama 14 tahun dan denda sebesar Rp 1.000.000.000 atau subsider pidana penjara selama enam bulan,.

Vonis ini lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) Hengki Charles menuntut terdakwa I Rian Antoni dan terdakwa II Agus Wahyudi yang terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana percobaan atau pemufakatan jahat untuk melakukan tindak pidana tanpa hak atau melawan hukum menawarkan, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menukar, atau menyerahkan narkotika golongan I dengan tuntutan 13 tahun dan denda sebesar Rp 1.000.000.000. 

Peristiwa itu bermula pada Senin, 10 Februari 2020 Wahyudi menerima panggilan telepon dari Adun (DPO) untuk mencari gudang sabu dan itu disanggupi oleh terdakwa. Kemudian Wahyudi dihubungi Umar (DPO) agar mengambil sabu seberat satu kilogram di Jatiasih, Bekasi yang dibawa terdakwa lalu ditimbang dan disimpan di rumah kontrakannya.

Kemudian kedua terdakwa menjual barang haram hingga tinggal 258,481 gram. Adapun barang haram itu dijual kepada saudara Towa (DPO), Boby (DPO), Andri (DPO), Jefri (DPO), Budi (DPO), Jon (DPO) dan Rudi (DPO) masing-masing seberat 100 gram.

Aksi para terdakwa akhirnya berhenti saat ditangkap Anggota Polisi Satnarkoba Polda Metro Jaya yang berpakaian preman Sabtu (15/2/2020) di rumah kontrakan Rian di Jl. Raya Krukut Limo, Kota Depok. Saat dilakukan penggeledahan didapati barang bukti berupa tiga bungkus hitam masing-masing berisi satu plastik klip berisikan kristal warna putih dengan berat netto seluruhnya 243,8886 gram dan satu bungkus plastik klip (Kode A4) berisikan kristal warna putih dengan berat netto 14,5924 gram dengan berat netto total secara keseluruhan sebanyak 258,481 gram serta satu buah HP merk Samsung warna putih beserta sim card.(ter)

Share :