FOKUS :

Selama Pandemi Covid-19, Gugatan Cerai di Depok Lebih Banyak

Pengadilan Agama (PA) Kota Depok, Jawa Barat. (foto: sugawa.id)   Sugawa.id – Pandemi Covid-19 tampaknya bukan hanya mempengaruhi perekonomian. Namun,...

BACK_BANNER_DOG

DPUPR Depok Sebut Rusaknya Kabel Telekomunikasi Tanggung Jawab Pihak Ketiga

WhatsApp Image 2021-09-15 at 18.44.30

Kabel rusak atau putus di lokasi proyek jembatan jalan GDC. (foto: sugawa.id)

 

Sugawa.id – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok tidak bertanggung jawab atas rusaknya kabel di lokasi proyek pembangunan jembatan jalan Grand Depok City (GDC) persis depan Kantor Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar). Itu dikarenakan tanggung jawab dari pihak pelaksana yakni PT Maga Seribu Perkasa.

“Rusaknya kabel telekomunikasi bukan tanggung jawab kami tapi pelaksana. Karena pemerintah hanya sebagai penyedia anggaran untuk kegiatan (proyek) tersebut,” kata Kepala Bidang Bina Marga DPUPR Kota Depok, Artanto saat ditemui di Komplek Perkantoran GDC, Kecamatan Cilodong, Rabu (15/9/2021).

Kabel rusak atau putus di lokasi proyek jembatan jalan GDC, kata dia, sedang diteliti dan diperiksa. “Kita telah meminta pihak pelaksana proyek untuk memperbaiki,” imbuhnya. 

Artanto menuturkan, bahwa di bawah proyek tersebut adanya kabel dan pipa. Untuk pipa milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Depok, sedangkan kabel mulai dari Perusahaan Listrik Negara (PLN), Telekomunikasi dan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Depok. 

Sebelum proyek dikerjakan, Artanto menambahkan, keempat pihak tersebut telah mengirimkan surat ke pihaknya. “Isinya supaya hati-hati. Karena di bawah proyek tersebut ada kabel dan pipa,” ujarnya. 

Masih kata dia, jembatan jalan GDC diperbaiki lantaran ambrol pada April lalu. “Agar bisa dilalui, Pemerintah Kota Depok menganggarkan APBD sebesar Rp 6,5 miliar untuk memperbaiki jembatan tersebut,” tandasnya. 

Sebelumnya, pembangunan jembatan Jalan Grand Depok City (GDC) depan Kantor Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Depok yang dilaksanakan pihak ketiga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok mengakibatkan kabel telekomunikasi rusak. Imbasnya, sejumlah intansi pemerintahan yang berada di Jalan Boulevard Komplek Perkantoran GDC maupun permukiman warga di sekitar lokasi tidak dapat mengakses internet. 

Petugas Telkom yang enggan disebutkan namanya menuturkan, bahwa kabel telekomunikasi yang terpasang di Jalan Boulevard GDC rusak akibat pengerukan proyek pembangunan jembatan yang April 2021 lalu ambrol. “Kerusakan kabel Telkom (internet) dari Minggu (12/9) malam. Diperkirakan nanti malam baru selesai diperbaiki,” ujarnya. (ter)

Share :