FOKUS :

Mahfud MD Minta Aparat Usut Kasus Syekh Ali Jaber Secara Tuntas

Menko Polhukam Mahfud MD. (foto: terkini)   Sugawa.id – Menko Polhukam Mahfud MD meminta aparat baik aparat keamanan maupun intelijen...

1-min

DPRD Panggil Walikota Depok Buat Bahas Dana Penangulangan Corona

29410981

Komplek kantor DPRD Kota Depok. (foto: mapio)

 

Sugawa.id – DPRD Kota Depok dalam waktu dekat akan segera memanggil Walikota. Hal itu dilakukan untuk membahas anggaran penanggulangan penyebaran wabah Virus Corona di kota itu. Apalagi, virus asal Tiongkok itu telah membuat masyarakat menjadi ketakutan.

Itulah yang diungkapkan oleh Wakil Ketua DPRD Kota, Yeti Wulandari mengatakan, pembahasan anggaran tersebut sangat penting dilakukan. Karena penularan Virus Covid-19 ini pertama kali ditemukan terjadi pada warga Kota Depok.

“Minggu depan Banggar akan adakan rapat sama TAPD untuk bahas anggaran penanggulangan Corona. Ini sangat penting karena jangkitan virusnya sudah terjadi di sejumlah daerah peyanggah. Sekarang warga masih khawatir virus ini bisa saja kembali menular,” katanya saat dikonfirmasi, Selasa (17/3/2020).

Dijelaskan Yeti, pembahasan anggaran penanggulangan Corona dengan tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) Kota Depok itu untuk diberikan ke Puskesmas dan rumah sakit umum daerah (RSUD). Salah satunya untuk menyediakan sarana dan prasarana perawatan pasie positif Covid-19. Dan pencegahan pun dapat segera dikerjakan sebelum virus asal Tiongkok ini menular ke warga yang lain.

“Ketika warga yang terkena Corona datang, ini langsung dapat juga diatasi dari tataran terbawah. Puskemas sudah bisa menyiapkan dan memberikan rujukan sesuai protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah pusat. Jadi semua cepat tertanggulangi dan warga pun tidak menjadi takut,” paparnya.

Menurutnya, puskesmas merupakan garda terdepan melayani warga terkait penanggulangan Virus Corona. Kemampuan puskesmas untuk mendeteksi gejala Covid-19, serta mengedukasi warga yang awam soal virus ini dapat dikerjakan.

Ditanya berapa besaran anggaran penanggulangan Virus Covid-19 itu, Yeti mengaku belum dapat mengetahui hal itu. Sebab, kajian terhadap penyediaan sarana dan prasarana di puskesmas serta RSUD sedang dikerjakan instansi pemerintah daerah. Dirinya berharap dengan adanya anggaran penanggulangan ini Virus Corona akan dapat ditekan.

Sementara itu, Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna menyatakan, sebelum melakukan pembahasan anggaran penanggulangan Virus Corona bersama DPRD, kajian terhadap kebutuhan sarpras itu sedang dikerjakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes). Kata dia, pengajuan anggaran pencegahan penyakit itu dilakukan agar warga tak lagi khawatir dengan penularan Covid-19. Apalagi, maraknya pemberitaan tersebut membuat para pasien yang telah menjalani pengobatan takut kembali ke lingkungan.

“Sudah tercetus setelah adanya temuan virus itu. Makanya kami inisiatif mengajukan ini ke DPRD. Semua harus dicegah agar tidak terjadi penularan,” ungkapnya.

Selama ini, sambung Pradi, sarana dan prasarana puskesmas untuk melayani kesehatan masyarakat khususnya Corona belum tersedia. Sedangkan informasi mewabahnya virus tersebut telah tersiar. Sehingga pelengkapan pelayanan kesehatan ini pun harus ditempuh. (Nia)

Share :