FOKUS :

Ketika Edhy “Tersandung” Benih Lobster

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sebagai tersangka kasus ekspor benih lobster. Dalam kasus...

1-min

Ditpolairud Polda Sumbar Gelar Olahraga Bersama dengan Lantamal II

Dipolair Sumbar ok

Sejumlah Personil Ditpolairud Sumbar gelar olahraga Bersama dengan Lantamal TNI AL II (Sugawa.id)

Sugawa.id– Dalam upaya meningkatkan sinergitas antara TNI dan Polri, Direktorat Kepolisian Air dan Udara (Ditpolairud) Polda Sumatera Barat (Sumbar) menggelar olahraga bersama dengan personil Satuan Patroli (Satrol) Pangkalan Angkatan Laut (Lantamal) TNI AL II Sumbar di Markas Komando (Mako) Ditpolairud Polda Sumbar, Jalan Raya Padang-Painan, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Padang, Minggu (26/7/2020).

Direktur Ditpol Airud Polda Sumbar Kombes Sahat Hasibuan menjelaskan, kendati di masa pendemi COVID-19 namun kegiatan olahraga yang dilakukan bersama Lantamal II tetap terselenggara dengan tetap menjalankan protokol kesehatan atau social distancing, seperti menjaga jarak dan mengenakan masker. ”Kegiatan ini kami gelar bersama Lantamal TNI AL II Sumbar sebagai bentuk sinergisitas antara Polri dan TNI,” ujarnya kepada Sugawa.id, Minggu (26/7/2020)

Dikatakan Sahat, olahraga bersama TNI-Polri ini sangat penting dilaksanakan selain untuk menjalin sinergitas jajaran TNI-Polri, bahwa kebersamaan yang dilakukan bukan hanya untuk unsur pimpinan TNI-Polri saja namun para anggota TNI-Polri pun juga turut bekerja sama.

”Olahraga ini juga sangat penting dilaksanakan untuk menjaga stamina dan kesehatan untuk menunjang tugas pokok di masa pendemi COVID- 19 namun tetap menjalankan protokol kesehatan,” terangnya.

Perwira Polri yang baru sebulan menjabat sebagai Direktur Polairud Polda Sumbar ini juga menjelaskan, kegiatan olahraga bersama ini sebenarnya sudah sering lakukan pihaknya bersama dengan anggota TNI. Tujuannya, di samping untuk mempererat sinergitas dan soliditas juga akan memperkuat hubungan yang selama ini sudah terjalin.

”Kegiatan olahraga bersama ini, di samping menjaga kesehatan juga bisa memperkuat soliditas TNI-Polri dalam pengawalan penegakan hukum di wilayah perairan Sumbar. Nanti kami juga akan menggelar patroli bersama dan kegiatan lainnya,” tegas Sahat.

Saat ditanya apa tantangan dalam menjalankan tugas penegakan hukum laut di wilayah teritorial Provinsi Sumatera Barat, Sahat mengatakan keberadaan kapal patroli yang kurang. ”Karena wilayah Provinsi Sumbar banyak pulaunya dan banyak juga wisata lautnya. Apalagi wilayah Sumbar juga berhadapan dengan laut lepas. Kami juga mengawasi pencurian ikan dan antisipasi penggunaan bom ikan yang merusak biota laut kota,” papar lulusan Akpol 97 ini. Karena itu, ujar Sahal juga, perlu adanya kerja sama atau sinergitas seluruh stake holder untuk menjaga kekayaan alam laut Provinsi Sumbar yang kaya ini. (ber)

Share :