FOKUS :

Ketika Edhy “Tersandung” Benih Lobster

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sebagai tersangka kasus ekspor benih lobster. Dalam kasus...

1-min

Dindik Banten Terjunkan Tim ke SMAN 3 Cibeber yang Longsor

Tabrani KAdis ok

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Banten Tabrani (sugawa.id) 

Sugawa.id– Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten bergerak cepat menyikapi kerusakan yang dialami oleh SMAN 3 Cibeber yang terletak di Kampung Tegalumbu, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak. Bangunan sekolah yang nyaris ambruk akibat tanah longsor yang terjadi di areal sekolah setelah diguyur hujan lebat, Jumat (30/10) lalu kini akan dilakukan perbaikan agar tidak menganggu proses kegiatan belajar mengajar (KBM) saat pembelajaran tatap muka nanti.

Kadis Dikbud Banten Tabrani menyatakan pihaknya sudah mengambil langkah cepat dengan langsung datang ke lokasi untuk menginventaris kerusakan yang dialami oleh SMAN 3 Cibeber yang tergerus longsor untuik segera diperbaiki dan dilalua pemasangan turap. “Dinas Pendidikan sudah mengambil langkah cepat dengan langsung datang mengambil langkah langkah penanganan,” ujar Tabrani, Minggu (1/11/2020).

Pihaknya mengaku, saat ini sedang melakukan koordinasi terus dengan OPD terkait yang menangani darurat kebencanaan dan meminta kepada pihak sekolah agar menjaga situasi aman agar tidak menimbulkjan korban jiwa. ”Pihak sekolah agar terus menjaga situasi aman untuk proses KBM nantinya agar tidak ada korban jiwa,” tukasnya.

Sementara Kepala Badan Penanggulaan Bencana Daerah (BPBD) Banten Nana Suryana menghimbau warga yang bermukim di areal pebukitan dan tebing, serta daerah aliran sungai agar terus meningkatkan kewaspadaan, mengingat tingginya intensitas hujan yang disertai angin kencang yang melanda beberapa wilayah di Banten, terutama di Kabupaten Lebak. ”Kita menghimbau kepada warga untuk terus meningkatam kewaspadaan, mengingat tingginya curah hujan yng disertai angin kencang,” kata Nana.

Dilaporkan, terjadi longsor di jalur jalan wisata negeri di atas awan (Gunung Luhur) yang terletak Desa Citorek, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Sabtu (31/10/2020) dan Minggu (1/11/2020).

Pjs Kepala BPBD Kabupaten Lebak Ajis Suhendi mengatakan, berdasarkan hasil pemantauan di lokasi ruas jalan Wisata Gunung Luhur, tim BPBD Lebak dan Banten melaporkan telah terjadi longsor di tiga titik lokasi jalur jalan wisata tersebut sekira 300 meter ke tempat wisata Gunung Luhur. “Betul, tadi malam dicek ulang, ada beberapa titik longsor,” kata Ajis.

Dijelaskannya, penyebab longsor karena curah hujan yang deras. Longsor pertama terjadi 24 Oktober 2020 dan 28 Oktober 2020 di dua titik pada jalur yang sama.”Longsor diakibatkan karena curah hujan yang deras, tidak ada korban jiwa,” katanya.

Sebelumnya BPBD Lebak melaporkan bahwa akibat bencana itu membuat SMAN 3 Cibeber mengalami kerusakan. Dalam bencana longsor tersebut, dua ruang kelas rusak berikut satu ruang perpustakaan dan satu bangunan mushala. (ber)

Share :