FOKUS :

RUU PKS “Kalah Seksi” dari Omnibus Law Cipta Kerja

RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) kalah seksi dengan UU Cipta Kerja. Buktinya meski telah dibahas hampir 6 tahun, RUU ini...

1-min

Dinas Kominfo Kota Tangerang Bangun 40 Titik Wifi Gratis

Sejumlah perangkat Wifi yang terpasang di taman-taman Kota Tangerang. Dok Foto : Sugawa.id.

Sugawa.id – Pemkot Tangerang telah memasang 40 titik wifi untuk masyarakat. Ke-40 titik wifi publik tersebut bisa diakses secara gratis oleh masyarakat.

“Sampai saat ini kita sudah memasang 40 titik wifi yang tersebar di 23 Taman Tematik yang ada di Kota Tangerang,” papar Kabid Sarana Prasarana TIK dan Persandian Dinas Kominfo Kota Tangerang, Budi Hamzah, Senin (24/2/2020).

Budi menyatakan pembangunan 40 titik wifi tersebut merupakan bagian dari usaha Dinas Kominfo untuk mendorong terwujudnya Smart City di Kota Tangerang. “Kita ingin masyarakat kota Tangerang melek teknologi terlebih saat ini Pemkot sedang gencar-gencarnya mengkampanyekan program Smart City. Jadi saat ini masyarakat bisa mengaksesnya dengan mudah, cukup klik nama akses pointnya langsung connect, ke depan kita akan syaratkan bahwa pengaksesnya harus instal Aplikasi Tangerang Live terlebih dahulu,” tutur Budi.

Pejabat yang hobi bersepeda ini menambahkan bahwa untuk mencegah masyarakat menyalahgunakan akses internet, pihak Dinas Kominfo juga telah menyediakan perangkat untuk memfilter akses masyarakat terutama terhadap situs-situs tertentu yang memang dilarang. “Kita sudah pasang filternya, games dan situs terlarang tidak bisa diakses melalui wifi publik kita. Sehingga masyarakat benar-benar menggunakan wifi publik untuk hal yang positif,” imbuhnya.

Untuk kecepatannya, jelas Budi, wifi publik yang terpasang di 23 taman tersebut memiliki kecepatan up to 50 Mbps. “Kencang banget ini, jadi kalau dulu kita dikomplain karena wifinya lambat sekarang kita dikomplain para orang tua karena anak-anaknya jadi betah main di taman, enggak pulang-pulang mereka,” ungkapnya.

Dengan terpasangnya 40 titik wifi publik tersebut, Budi berharap masyarakat Kota Tangerang bisa melek teknologi dan bisa membudayakan internet sehat. “Jangan sampai wifi publik malah dibuat main game saja, kalau buat ngerjain tugas atau PR silakan saja,” pungkasnya. (cok)

Share :