FOKUS :

Mahfud MD Minta Aparat Usut Kasus Syekh Ali Jaber Secara Tuntas

Menko Polhukam Mahfud MD. (foto: terkini)   Sugawa.id – Menko Polhukam Mahfud MD meminta aparat baik aparat keamanan maupun intelijen...

1-min

Cegah Corona, Personil Gabungan Depok Bersihkan Sarana Publik

Personil gabungan Kota Depok membersihkan mesin cek in tiket KRL di Stasiun Depok Baru untuk mencegah penularan virus corona. (foto: sugawa.id)

 

Sugawa.id – Personil gabungan dari Polrestro, Kodim 0508, dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok melakukan aksi bersih-bersih area publik. Hal itu terkait merebaknya Virus Corona di tanah air. Langkah pencegahan tersebut dilakukan disejumlah tempat.

Kapolrestro Depok, Kombes Pol Azis Adriansyah mengatakan, aksi kebersihan itu karena penuralan virus Covid-19 kerap terjadi di ruang publik. Dimana, penularan itu dapat melalui benda-benda yang ada di dalam lokasi.

“Benda-benda ini kan kerap dipegang banyak orang, dan itu berpotensi menularkan Corona. Jadi antisipasinya kami bersihkan dengan cairan disifektan, semua personil dilebatkan,” katanya saat dijumpai di Stasiun Depok Baru, Selasa (17/3/2020).

Dijelaskan Azis, ada sejumlah sarana publik yang di datangi personil gabungan untuk mendapatkan pembersihan. Diantaranya Terminal Depok, Stasiun KRL, Mall, Masjid hingga Pasar Moderen. Dimana sarana publik ini kerap di datangi banyak orang.

“Justru karena penularannya terjadi diruang publik yang membuat ini harus dikerjakan. Tentu untuk mengantisipasi ini kami wajib ikut melaksanakannya,” paparnya.

Senada, Dandim 0508 Depok, Kolonel Inf Agus Isrok Mikroj mengaku, selain kegiatan membersihkan sarana publik, kegiatan pencegahan Corona pun dikerjakan. Yakni memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk tetap mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas diluar rumah. Karena dengan kebersihan tangan dapat terhindar dari Covid-19.

“Kami minta warga yang datang ke sini selalu menjaga kebersihan tangan. Toh jika kebersihan itu terjaga maka kesehatan pun akan di dapat. Kita kan tidak tau siapa yang terkena Corona,” imbuhnya.

Ditempat yang sama Kepala Dinkes Depok, Novarita menuturkan, kegiatan yang digelar juga untuk mengecek keberadaan cairan pencuci tangan diruang publik tersebut. Karena dengan cairan itu pihaknya ingin membiasakan masyarakat menjaga kebersihan tersebut.

“Tetap ini harus menyediakan cairan itu dan juga membiasakan agar tidak saling berjabat tangan untuk sementara waktu. Ini harus dikerjakan agar antisipasi virus ini dapat ditangani,” tuturnya. (Nia)

Share :