FOKUS :

Polres Metro Depok Tetapkan Tersangka di Insiden Crane Rubuh 

Polres Metro Depok menetapkan satu orang tersangka dalam peristiwa crane rubuh di proyek PDAM Tirta Asasta Depok. (foto: sugawa.id)  ...

BACK_BANNER_DOG

Cegah Banjir, Dinas PUPR Depok Benahi Saluran Air

WhatsApp Image 2021-09-29 at 16.51.43

Banjir di Kota Depok, Jawa Barat. (foto: sugawa.id)

 

Sugawa.id – Sejumlah langkah pencegahan banjir di Kota Depok, Jawa Barat, dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianti mengungkapkan, bahwa pihaknya menyiapkan 120 personil satuan tugas (satgas) banjir untuk mengeruk lumpur serta membersihkan sampah-sampah yang menutup aliran air.

“Kami 24 jam siap membantu masyarakat jika terjadi banjir, termasuk menyiapkan alat-alat berat,” kata Citra saat dikonfirmasi, Minggu (26/9/2021).

Bila beberapa waktu lalu, kata dia, pihaknya hanya fokus menangani sungai-sungai dan kali besar, kini saluran di perumahan juga turut diperhatikan. “Sungai dan saluran di perumahan juga kami tangani,” imbuhnya.

Citra menuturkan, ada ratusan saluran penghubung di perumahan-perumahan di Kota Depok. Saluran kecil tersebut dikeruk agar tidak terjadi banjir atau genangan di permukiman. Saluran-saluran tersebut sebagian besar tersumbat oleh sampah rumah tangga dan lumpur sehingga waktu hujan membuat air tidak mengalir ke sungai maupun kali.

Saluran tersebut terhubung dengan beberapa kali utama, yakni Kali Pesanggrahan, Kali Krukut, Kali Cabang Barat, Kali Cabang Tengah, Kali Cabang Timur, Kali Baru Barat, Kali Ciliwung dan Kali Baru.

“Peran kali ini penting karena bisa membagi beban kali utama di Kota Depok. Jadi, air hujan tidak langsung mengalir ke sungai atau kali besar tapi terbagi,” ungkapnya.

Wilayah yang kerap banjir di Kota Depok meliputi Perumahan Bukit Cengkeh, Perumahan Taman Duta, Kampung Utan Pondok Jaya dan Perumahan Pondok Asri. Sedangkan jalan yang menjadi langganan banjir yakni Jalan Margonda, Jalan Juanda, Jalan Arif Rahman Hakim, Jalan Raya Sawangan, Jalan Limo-Cinere, Jalan Radar AURI. (ter)

Share :