FOKUS :

Selama Pandemi Covid-19, Gugatan Cerai di Depok Lebih Banyak

Pengadilan Agama (PA) Kota Depok, Jawa Barat. (foto: sugawa.id)   Sugawa.id – Pandemi Covid-19 tampaknya bukan hanya mempengaruhi perekonomian. Namun,...

BACK_BANNER_DOG

Calon Peserta Didik SMKN Banten Boleh Pilih Dua Jurusan

Untitled-2

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten, Tabrani. (Foto: Ist)

 

 

Sugawa.id – Calon peserta didik baru yang hendak mendaftar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) diperbolehkan memilih dua jurusan. Di sisi lain, peserta hanya dibolehkan mendaftar di satu sekolah saja. Terlebih, tidak ada penerimaan jalur zonasi, afirmasi, pindahan orangtua untuk SMK. Peserta didik mendaftar langsung ke sekolah. 

“SMK, anak milih 1 sekolah dengan 2 program keahlian atau jurusan, itu boleh,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten, Tabrani, Senin (7/6/2021). 

Ia juga mengingatkan, peserta didik baru yang mendaftar di SMK, tidak boleh lagi mendaftar di SMA.  Mengingat, pendaftaran SMK lebih dulu dibanding dengan SMA. 

“Siswa SMK yang sudah daftar, tidak bisa mendaftar di SMA,” ungkapnya. 

Ia menegaskan, penyeleksian siswa baru diberikan kewenangan secara luas kepada pihak sekolah. Potensi anak disesuaikan dengan jurusan yang dipilih. 

“Kalau SMK di sekolah lain ada keahlian (jurusan) yang sama. Kalau SMA dia milih sekolah, bukan keahlian,” tegasnya.  Diketahui, bahwa penerimaan siswa di SMK akan dimulai pada tanggal 14 sampai 18 Juni 2021. (son)

Share :