FOKUS :

Mahfud MD Minta Aparat Usut Kasus Syekh Ali Jaber Secara Tuntas

Menko Polhukam Mahfud MD. (foto: terkini)   Sugawa.id – Menko Polhukam Mahfud MD meminta aparat baik aparat keamanan maupun intelijen...

1-min

Bupati Serang Naikan Status 400 KM Jalan Desa

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dan Wakil Gubernur Banten Andhika Harzumy bersilahturahmi dengan komunitas Go Rikat di Lapangan Cikande Permai, Minggu (9/2/2020). Dok Foto Humas Pemkab Serang untuk Sugawa.id.

 

Sugawa.id – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menargetkan, tahun ini akan menaikkan status sepanjang 400 kilometer (KM) jalan kewenangan desa menjadi jalan kewenangan kabupaten. Hal tersebut dilakukan karena jalan kabupaten sepanjang 601,13 KM akan tuntas diperbaiki dengan betonisasi tahun 2021.

“Banyak masukan ke Pemkab Serang tentang banyaknya  jalan desa yang rusak. Sebetulnya itu kewenangan pemerintah desa, tetapi kami harus turun tangan, dan segera menaikan status 400 kilometer dari 1.000 kilometer lebih jalan desa,” kata Tatu di sela-sela ulang tahun komunitas Gowes Indah Bermasyarakat (Go Rikat) di Lapangan Cikande Permai, Minggu (9/2/2020).

Sekadar diketahui, Ratu Tatu memimpin Kabupaten Serang pada awal 2016, terdapat 474.77 KM jalan kewenangan kabupaten yang rusak, dari total 601,13 kilometer. Hingga tahun 2019 telah selesai diperbaiki dengan betonisasi sepanjang 483,45 km.

Kemudian Tahun 2020 akan dibangun 101,68 km, sehingga jalan beton tahun ini akan selesai sepanjang 585,13 km atau 97,33 persen. Sisa sepanjang 16 km akan dibangun 2021. “Ini adalah hasil permintaan warga yang menginginkan jalan bagus, dan alhamdulillah sekarang mulai terwujud,” ujara Bupati Serang.

Tatu mengatakan, Pemkab Serang memiliki anggaran terbatas. Namun, saat ini program prioritas yang sudah disusun, berhasil dijalankan dengan bantuan pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan swasta . “Kalo suka sepedahan sekitar Kabupaten Serang dan melihat ada jalan yang dibeton, maka itu adalah salah satu hasil kinerja Pemkab Serang,” tuturnya.

Ketua Komunitas Go Rikat Wahyu Eko Darmono mengapresiasi program yang telah dilakukan oleh Pemkab Serang yang masif dalam menjalankan program infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan. “Sebagian program pendidikan dan kesehatan yang dilakukan oleh Ibu Bupati mungkin akan dirasakan pada 5-10 tahun, dan saat ini juga sudah ada yang dirasakan, yakni perbaikan infrastruktur jalan” kata Wahyu.

Wahyu menambahkan, Hari Jadi Go Rikat yang pertama melibatkan 50 komunitas sepeda di Banten dengan tujuan menambah silaturahmi antar pesepeda “Kurang lebih 1.500 peserta turut meramaikan ulang tahun Go Rikat,” ujarnya. (wib)

Share :