FOKUS :

Ketika Edhy “Tersandung” Benih Lobster

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sebagai tersangka kasus ekspor benih lobster. Dalam kasus...

1-min

Berbeda Dengan Polda, Kejari Depok Tahan Catherine Wilson

Catrine Wilson Ditahan ok

Caterine Wilson di Kejaksaan Negeri Depok (Sugawa.id)

Sugawa.id – Meski pengajuan rehabilitasi dari keluarga model Catherine Wilson alias Keket dalam kasus penyalahgunaan narkotika jenis sabu telah disetujui pihak kepolisian, namun langkah berbeda dilakukan Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok. Sebab, dalam penyerahan tersangka dan barang bukti atau tahap dua perkara Keket dilakukan penahan oleh korps Adhyaksa. 

Kepala Seksi Intelijen (Kasi Intel) Kejari Depok Herlangga Wisnu mengatakan, bahwa penahanan itu dilakukan setelah sebelumnya pihak penyidik Polda Metro Jaya menyerahkan tersangka beserta barang bukti.

“Kami sudah memutuskan untuk melakukan penahanan terhadap tersangka selama kurun waktu 20 hari ke depan,” ucap Herlangga, Selasa (17/11/2020).

Herlangga menjelaskan, keputusan atas proses penahanan dilandasi sejumlah pertimbangan baik subjek maupun objek. “Ini kami lakukan karena dikhawatirkan tersangka melarikan diri, melakukan tindak pidana yang sama, menghilangkan barang bukti, dan juga ancaman (pidana yang dikenakan penyidik terhadap tersangka) di atas 5 tahun,” paparnya.

Kata dia, hal yang disangkakan oleh penyidik terhadap Keket ada tiga pasal yakni, pertama Pasal 114 Ayat 1 jo Pasal 132 Ayat 1 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman maksimal selama 20 tahun penjara.

Kedua Pasal 112 Ayat 1 jo Pasal 132 Ayat 1 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman maksimal selama 12 tahun penjara. Ketiga Pasal 127 Ayat 1 huruf a jo Pasal 132 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman maksimal 4 tahun.  “Tersangka kami lakukan penahanan di Rutan Cilodong,” imbuhnya.

Untuk diketahui, artis Catherin Wilson telah resmi menjalani rehabilitasi setelah pengajuannya dikabulkan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi DKI Jakarta.  “Teman-teman narkoba sudah mengecek langsung assesment CW, sekarang ini CW ini dititipkan ke tempat rehab,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, Rabu (29/7/2020) lalu.(ter)

Share :