FOKUS :

RUU PKS “Kalah Seksi” dari Omnibus Law Cipta Kerja

RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) kalah seksi dengan UU Cipta Kerja. Buktinya meski telah dibahas hampir 6 tahun, RUU ini...

1-min

Banten Raih Penghargaan Pencegahan Korupsi untuk Kali Pertama

JAKARTA – Gubernur Banten Wahidin Halim menerima penghargaan dalam dalam kategori Pemerintah Provinsi atas Capaian Implementasi Pencegahan Korupsi di Peringatan Hari Anti Korupsi Dunia (Hakordia) 2019. Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma’ruf Amin di Gedung Merah Putih KPK, Senin (9/12).

“Alhamdulillah hari ini saya mewakili pemerintah dan seluruh masyarakat Banten menerima penghargaan dalam kategori capaian implementasi pencegahan  korupsi. Penghargaan ini adalah kali pertama diterima Provinsi Banten, sejak berdiri. Pencapaian ini menunjukkan betapa seluruh aparatur di Pemprov Banten telah menunjukkan kerja kerasnya dalam menciptakan pemerintahan yang baik dan bersih (good and clean governance),” kata Wahidin.

Dikatakan, penghargaan ini juga menunjukkan bahwa semua aparatur dan masyarakat Banten telah berkomitmen menciptakan pemerintahan yang bersih di bumi Banten. “Ini semua menunjukkan bahwa Banten berkomitmen dalam usaha pencegahan korupsi,” tutur pria yang akrab disapa WH ini. 

Provinsi Banten sendiri kini berusia 19 tahun dan sejak berdiri, baru kali ini Banten mendapatkan penghargaan anti korupsi. Selama ini Banten malah kerap dituding sebagai daerah yang sangat kental dengan nuansa korupsi dan politik dinasti.

WH sendiri menyatakan tak mudah merubah pola kerja ASN Banten dan membutuhkan kerja keras untuk merubahnya, hingga tata kelola pemerintahan menjadi bersih dan baik.

Wakil Presiden RI KH Ma’rif Amin dalam sambutannya menyebutkan bahwa pencegahan korupsi merupakan upaya penyadaran publik terhadap bahaya kejahatan korupsi.  “Korupsi merupakan kejahatan sistemik dan mengganggu pembangunan,” tegasnya.

Sebagai catatan, selain Provinsi Banten, Capaian Implementasi Pencegahan Korupsi Tingkat Daerah kategori provinsi juga diraih oleh Jawa Tengah dan Kalimantan Tengah.

Wali Kota Jadi Pembicara

Sementara Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah didaulat sebagai salah satu narasumber pada acara talkshow dengan tema “Langkah Maju Pemberantasan Korupsi” yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia tahun 2019, Senin (9/12).

Dalam kesempatan tersebut, Arief menyampaikan terima kasihnya kepada jajaran KPK yang telah memberikan pendampingan kepada jajaran Pemkot Tangerang sehingga proses pembangunan di Kota Tangerang bisa berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Arief juga memberikan sharing tentang komitmen Pemkot Tangerang dalam memerangi berbagai tindak korupsi. Salah satu cara yang dilakukan adalah memberikan penghasilan yang cukup tidak hanya bagi PNS, tapi juga bagi pegawai honorer yang bertugas. “Jadi semua bisa bekerja fokus untuk melayani masyarakat,” tambahnya. (wib)

Share :