FOKUS :

Ketika Edhy “Tersandung” Benih Lobster

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sebagai tersangka kasus ekspor benih lobster. Dalam kasus...

1-min

Banten Daerah Toleran, Gubernur Yakin Perayaan Natal Aman

Gubernur Banten Wahidin Halim dan Kapolda Banten Irjen Tomsi Tohir memantau kesiapan anggota pengamanan Natal dan Tahun Baru. (Foto Dok Humas Banten untuk SAGAWA)

 

SERANG – Gubernur Banten Wahidin Halim meyakini perayaan Natal dan Tahun Baru di wilayahnya akan berjalan tertib dan aman. Hal ini karena dari sejak dahulu Banten merupakan daerah yang agamis dan sangat toleran.

“Banten merupakan provinsi yang agamis dan toleran, saya percaya (perayaan-red) Natal dan Tahun Baru bisa berjalan aman terkendali, nyaman dan rukun. Baik Pemprov maupun pemerintah kabupaten/kota beserta jajarannya perlu meningkatkan solidaritas dan kerja sama dengan instansi terkait khususnya kepolisian dan TNI agar suasana aman dan damai itu tetap terjaga,” ujar Gubernur di sela-sela Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Menyambut Natal dan Tahun Baru 2020 di Halaman Mapolda Banten, Serang, Kamis (19/12/2019).

Menurutnya, menjaga sinergitas antar instansi tersebut perlu dilakukan sebagai upaya meningkatkan kerja sama antara aparatur pemerintah daerah, TNI/Polri dan unsur terkait dalam menyambut perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Provinsi Banten.

Sementara, Kapolda Banten Irjen Tomsi Tohir menyatakan sesuai arahan kapolri operasi lilin akan dilaksanakan selama 10 hari mulai Senin (23/12/2019) hingga Rabu (1/1/2020). Adapun obyek yang menjadi focus pengamanan seperti gereja, tempat-tempat perayaan tahun baru, terminal, bandara dan tempat wisata lokasi perayaan.

“Dalam menyambut Natal dan Tahun Baru perlu dilakukan tindakan preventif yakni deteksi dini dan intelejensi kerawanan. Ada beberapa kerawanan seperti terorisme, kecelaan lalu lintas, kriminalisme, aksi penolakan ibadat, konflik sosial, narkoba, dan lainnya. Untuk itu, diperlukan adanya koordinasi dengan instansi terkait agar terjadi kerja sama yang baik,” tutur Kapolda.

Selain melakukan pengecekan pasukan dalam apel pengamanan Natal dan Tahun, Gubernur Bersama Kapolda Banten juga melakukan pemusnahan ratusan botol minuman keras yang didapat dari operasi rutin di wilayah hukum Polda Banten. (wib)

Share :