FOKUS :

Lembaga Uji Kompetensi Wartawan Harus Jalan

Rapat kerjasama rencana UKW dan ToT antara Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) dan Lembaga UKW UPDM. (Foto: Ist)    ...

BACK_BANNER_DOG

Awasi WNA, Imigrasi Depok Bentuk Timpora di Kecamatan

Imigrasi Depok

Rapat Kordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) tingkat Kecamatan Kota Depok. (Foto: Ist)

 

Sugawa.id – Guna mempersempit ruang Warga Negara Asing (WNA) yang membuat ulah, Imigrasi Kelas II Non TPI Kota Depok membentuk Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) di tingkat kecamatan. 

Kepala Imigrasi Depok Fahrul Novry Azman mengatakan, bahwa dengan menggandeng berbagai stakeholder di tingkat kecamatan baik itu aparatur sipil negara (ASN), TNI, Polri, hingga lapisan masyarakat tentu akan memaksimalkan kinerja Imigrasi dalam mengawasi WNA di Kota Depok. 

“Tim ini akan berjalan efektif jika setiap instansi aktif dalam kegiatan pengawasan orang asing, sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing instansi,” ucap Fahrul. 

Selain itu, kata Fahrul, harus ada koordinasi yang aktif agar tidak terjadi kesalahpahaman antara satu dengan yang lainnya. Apabila ditemukan permasalahan serta pengawasan di lapangan untuk segera berkoordinasi dengan Imigrasi. 

“Kunci kesuksesan ini ada di lapangan. Jadi kami berharap keaktifan peran dari semua pihak yang terlibat untuk mengawasi dengan seksama. Sehingga kolaborasi ini dapat berdampak positif untuk masyarakat,” ujarnya. 

Kepala Divisi Keimigrasian Depok Heru Tjondro menuturkan, bahwa secara garis besar strategi pengawasan orang asing melalui e-Arrival Card. Hal ini untuk memudahkan petugas dalam mengawasi orang asing. 

Tujuannya ialah untuk mewujudkan selective policy serta menjamin kemanfaatan orang asing kewaspadaan terhadap dampak negatif yang timbul akibat perlintasan, keberadaan, dan kegiatan orang asing.

“Aplikasi tersebut merupakan strategi baru dalam pengawasan orang asing yang akan menjadi instrumen penting bagi penegakan hukum di keimigrasian,” jelas Heru. (ter) 


Share :