FOKUS :

Ketika Edhy “Tersandung” Benih Lobster

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sebagai tersangka kasus ekspor benih lobster. Dalam kasus...

1-min

Antisipasi Karhutla, Polda Kalsel Siapkan Personil dan Peralatan

Kalsel 1

Kapolda Kalsel Irjen Nico Afinta memimpin apel mengantisipasi kebakaran hutan. (Ucok/sugawa.id)

 

 

Sugawa.id – Mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di musim kemarau, Polda Kalsel menggelar Apel Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan dengan sandi “Karhutla Intan 2020”.

Apel dalam rangka memaksimalkan pencegahan terhadap Karhutla di Lapangan Polri Km. 21, Landasan Ulin Banjarbaru, Senin (3/8/2020).

Kapolda Kalsel Irjen Nico Afinta mengatakan apel ini diharapkan dapat menyatukan tekad agar saling bahu membahu dalam mengendalikan Karhutla di Provinsi Kalsel.

“Apel ini merupakan bentuk tindakan kesiapsiagaan dalam menanggulangi bencana Karhutla,” jelasnya.

Dikatakan, saat ini seluruh dunia termasuk  Indonesia masih menghadapi Virus Covid-19, namun memasuki musim kemarau, Provinsi Kalsel akan menghadapi bencana lain yakni ancaman Karhutla yang dapat mengganggu aktivitas kehidupan masyarakat.

Adapun  kebakaran ini disebabkan faktor alam maupun ulah manusia.

Kebakaran ini dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan, kerugian harta benda bahkan korban jiwa.

“Maka Polda Kalsel harus bersinergi dengan semua elemen dalam mengantisipasi kebakaran hutan yang mungkin terjadi saat memasuki musim kemarau. Kebakaran hutan dapat dicegah dan ditanggulangi jika seluruh elemen, baik TNI, Polri, Pemerintah Daerah serta seluruh stakeholder terkait dapat bekerja sama dengan baik,” kata mantan Dirresnarkoba Polda Metro Jaya ini.

Dia menegaskan, ratusan personil Polri, TNI, Pemda dan Relawan Penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kalsel siap dikerahkan untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan di Bumi Lambung Mangkurat ini. (Cok)

Share :