FOKUS :

Mahfud MD Minta Aparat Usut Kasus Syekh Ali Jaber Secara Tuntas

Menko Polhukam Mahfud MD. (foto: terkini)   Sugawa.id – Menko Polhukam Mahfud MD meminta aparat baik aparat keamanan maupun intelijen...

1-min

Antisipasi Corona, Rutan Kelas I Depok Berlakukan Lockdown 

WhatsApp Image 2020-03-19 at 15.35.56

Rutan Kelas 1 Depok. (foto: Janter/sugawa.id)

 

Sugawa.id – Guna mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19, Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Depok, Jawa Barat memnutup akses kunjungan (lockdown) terhadap warga binaan pemasyarakatan (WBP). 

“Kebijakan peniadaan kunjungan ini sebagai bentuk dukungan nyata Rutan Kelas I Depok dalam memerangi Covid-19. Peniadaan itu diberlakukan sampai dengan waktu yang tak ditentukan, paling cepat 14 hari atau mungkin lebih, melihat situasi dan kondisi ke depannya,” ujar Kepala Rutan Kelas I Depok Dedy Cahyadi, Kamis (19/3/2020).

Dedi mengungkapkan, saat ini Rutan Depok menampung tahanan titipan dan WBP (narapidana). Apabila larangan kunjungan tidak diberlakukan, dikhawatirkan ribuan warga binaan dapat terjangkit. 

“Walau penularan virus corona sangat mudah hanya dengan interaksi langsung sesama manusia, warga binaan nggak perlu panik dan khawatir, namun tetap dihimbau untuk melakukan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS),” katanya.

Mengenai langkah itu, kata dia, pihaknya sudah mensosialisasikan kepada warga binaan dan masyarakat. Untuk sementara ini, kunjungan langsung dialihkan ke layanan komunikasi virtual. “Rutan Kelas I Depok menyediakan fasilitas layanan video call gratis kepada WBP,” terangnya. 

Untuk layanan Top Up E-PAS Card, kata Dedy, tetap dibuka, layanan tersebut merupakan pengisian saldo uang elektronik yang dipergunakan sebagai alat pembayaran warga binaan Rutan Depok.

“Kegiatan pembinaan kerohanian yang melibatkan mitra pembinaan kerohanian Rutan Depok untuk sementara diliburkan, dan pembinaan kerohanian tetap dilaksanakan dengan pembimbingan internal oleh petugas,” tandasnya. (ter)

Share :