FOKUS :

RUU PKS “Kalah Seksi” dari Omnibus Law Cipta Kerja

RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) kalah seksi dengan UU Cipta Kerja. Buktinya meski telah dibahas hampir 6 tahun, RUU ini...

1-min

Aksi Simpatik Polisi di Pengamanan Demonstrasi Banjarmasin

Sejumlah aparat kepolisian membagikan minuman mineral ke para pendemo (sugawa.id)

Sugawa.id – Aksi simpatik dilakukan oleh Kepolisian dalam pengamanan demonstrasi di depan Gedung DPRD Kalsel. Polisi membagikan air mineral sebagai bentuk pengamanan yang humanis, Kamis (8/10/2020).

Aksi penyampaian aspirasi oleh massa gabungan, baik dari mahasiswa maupun buruh pabrik tersebut digelar untuk menolak Undang-undang Omnibuslaw Cipta Kerja yang baru disahkan. Selain itu, demonstran juga menuntut seluruh anggota dewan untuk merealisasikan janji serta menjadi penyambung lidah rakyat.

“Ada 1000 lebih personel gabungan Polda Kalsel, Polresta Banjarmasin, Polres Banjarbaru, Polres Banjar dan Polres Batola diturunkan untuk melaksanakan pengamanan di depan Gedung DPRD Kalsel agar aksi damai berjalan lancar,” kata Kapolda Kalsel Irjen Nico Afinta.

Sementara Karo Ops Polda Kalsel Kombes Moch. Noor Subchan yang turun langsung memimpin pengamanan aksi damai itu menyatakan mengawal selama kegiatan aksi damai dengan jaminan keamanan. Dia menegaskan bahwa Polda Kalsel melakukan pendekatan persuasif dan humanis dalam pengamanan demonstrasi ini.

“Mari kita saling bergandeng tangan menjaga keamanan dan ketertiban jangan sampai aksi damai ini disusupi oleh provokator yang akan merugikan kita semua,” ucapnya.

Dia menjelaskan, dalam pengamanan aksi demonstrasi tersebut, pihaknya juga menerjunkan Polwan di garda depan sebagai tim negosiator. Para Polwan berhadapan langsung dengan para demonstran berkomunikasi dengan massa. Pengamanan di lapis berikutnya barulah tim pengendali massa dari Sabhara dan Brimob.

Dalam kesempatan itu, para personil kepolisian juga membagikan air mineral. Harapannya terjalin komunikasi yang baik agar aksi bisa berjalan aman dan damai. Bahkan sebelum membubarkan diri, para demonstran bersama Karo Ops Polda Kalsel dan anggota juga membersihkan sampah sampah yang ada lokasi demo.

“Pengamanan aksi kami laksanakan dengan cara humanis terhadap siapa pun yang melakukan aksi demo agar tercipta kondisi akan aman, tertib dan terkendali,” imbuh Moch. Noor. (elo)

Share :