FOKUS :

RUU PKS “Kalah Seksi” dari Omnibus Law Cipta Kerja

RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) kalah seksi dengan UU Cipta Kerja. Buktinya meski telah dibahas hampir 6 tahun, RUU ini...

1-min

Adkasi Dukung Pelaksanaan Pilkada Serentak

adkasi

 

Sugawa.id- Asosiasi DPRD Seluruh Indonesia (Adkasi) mendukung pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak dengan protokol kesehatan yang akan digelar pada bulan Desember 2020.

Sebagai asosiasi yang menaungi DPRD se-Indonesia, Adkasi merasa perlu menyumbangkan saran dan gagasan agar pesta demokrasi di 270 daerah yang akan datang, berlangsung lancar, sukses, dan aman dari ancaman Covid-19.

Ketua Umum Adkasi, Lukman Said mengatakan hal tersebut seusai berkunjung ke kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk berdialog dengan Sekjen Kemendagri dan Plt. Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtiar, untuk membahas persiapan pilkada serentak di kantor Kemendagri, di Jakarta, Senin (5/7/2020).

Menurut Lukman, pada prinsipnya Adkasi mendukung pelaksanaan pilkada di 270 daerah, Desember mendatang.

“Intinya adalah mengimbau kepada seluruh teman-teman DPRD yang akan melaksanakan pilkada untuk menyukseskan hajatan ini. Ini adalah hajatan nasional, pilkada, yang akan dilaksanakan 9 Desember di tengah-tengah musibah yang menimpa dunia khususnya Indonesia saat ini,” ujar Lukman dalam keterangan tertulis.

Lukman minta tidak ada lagi ketakutan. Terlebih Mendagri beserta KPU, Bawaslu dan Komisi II DPR berkomitmen penuh untuk mengawal pelaksanaan Pilkada dengan protokol kesehatan.

Lukman juga mengimbau, aturan-aturan yang diatur dalam Pilkada, termasuk protokol kesehatan, harus dipatuhi oleh semua yang terlibat.

“Kami DPRD akan menjadi garda terdepan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tidak boleh ada yang takut untuk datang memilih, karena sesungguhnya pada 9 Desember ini akan dilaksanakan. Ini tidak boleh kualitas demokrasi ini tidak memenuhi standar. Mesti di atas 50 persen masyarakat yang datang memilih pada pilkada,” katanya.

Lukman menegaskan, Adkasi akan ikut turun tangan membantu pemerintah dan penyelenggara pemilu menyukseskan Pilkada. Terutama dari sisi sosialisasi kepada masyarakat. Bahkan, pihaknya akan standby selama 24 jam.

“Tidak boleh tidak terlibat, DPRD, tidak boleh tidak, mesti menjadi garda terdepan. Saya ambil contoh kalau ada gagal pilkada, DPRD yang sering didatangi demo. Oleh karena itu tidak boleh tidak siap, kami akan minta arahan hal-hal yang akan kami laksanakan dan akan saya bicarakan dengan teman-teman di kabupaten di seluruh Indonesia terhadap pelaksanaan pilkada ini,” katanya.

Lukman juga berharap, pilkada serentak tahun ini benar-benar berkualitas. Bisa melahirkan pemimpin yang terbaik. Tidak ada money politic. Dan penyelenggara pemilihan pun bekerja dengan profesional. Selain pemilih juga terlindungi dari potensi penularan virus.

“Kedatangan kita di sini adalah mau membangun jaringan komunikasi dengan Kemendagri untuk menyukseskan Pilkada 9 Desember,” ujarnya.

Asep Sopari, Ketua DPRD Tasikmalaya menambahkan, di Jawa Barat ada delapan daerah yang akan melaksanakan Pilkada serentak pada 9 Desember 2020. Pihaknya, tentu akan mengikuti apa yang menjadi keputusan politik tingkat nasional.

“Teman-teman dari Jabar juga barusan sudah mengontak untuk segera ada pertemuan bagaimna menyikapi apa yang menjadi harapan bangsa ini, tetap menjalankan kualitas demokrasi tetapi tetap memperhatikan protokol kesehatan yang kita tahu hari ini juga Covid-19 belum berakhir. Tetapi Jabar alhamdulillah sudah mulai menurun. Apalagi beberapa daerah yang mau melaksanakan pilkada itu secara mayoritas sudah menunjukkan zona biru atau zona hijau, jadi tidak ada alasan kekhawatiran itu apa yang tadi disampaikan Pak Ketum Adkasi,” katanya.

Mahdi Husein, Ketua DPRD Rejang Lebong juga menyatakan hal yang sama. Ia mengapresiasi Kemendagri yang tetap memberikan dukungan agar pelaksanaan pilkada bisa terlaksana dengan sukses dan aman dari Covid.

“Kita menyakini Insya Allah pelaksanaan pilkada ini akan berjalan sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kemendagri. Kami dari DPRD akan mensupport penuh pelaksanaan pilkada,” ujarnya. (gas)

 

Foto: Ketua Umum Adkasi, Lukman Said memberi keterangan pers di Gedung Kemendagri, Jakarta, Senin (5/7/2020). | dok. Kemendagri

Share :