FOKUS :

Makna 12.21 dan indoposco.id

Media indoposco.id launching pada Senin, 1 Februari 2021 tepat pukul 12.00 WIB atau diistilahkan “12.21”. (foto: pebri yoga/indoposco.id)   Sugawa.id...

BACK_BANNER_DOG

4.000 Kubik Sampah Tutupi Aliran Kali Baru

WhatsApp Image 2021-01-30 at 22.44.43

Sampah yang menutupi aliran itu meliputi plastik, styrofoam, bambu, kayu, kertas, dan dedaunan. (foto: sugawa.id)

 

Sugawa.id – 4.000 kubik sampah menutupi aliran Kali Baru, anak sungai Ciliwung sepanjang 500 meter di Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok. Sampah yang menutupi aliran itu meliputi plastik, styrofoam, bambu, kayu, kertas, dan dedaunan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok Dadan Rustadi menyampaikan bahwa 4.000 kubik sampah menutupi aliran Kali Baru Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok. Dalam sehari, 40 kubik sampah di Kali Baru diangkut pihaknya.

“Sudah tiga hari (Rabu ini) sampah yang menutup 500 meter Kali Baru kami bersihkan. Dari tiga hari bersih-bersih, kami berhasil mengangkut 120 kubik sampah,” papar Dadan saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (29/1/2021).

Sejumlah alat dikerahkan PUPR Kota Depok guna memperlancar aliran air dari sampah. Mulai dari lima unit alat berat amphibious exavator, empat spider, satu trusor, dua pompa air mobile, empat portable dan lima perahu karet.

Sampah yang telah diangkut akan dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA) Cipayung, Kota Depok dengan 15 armada truk milik PUPR Kota Depok.

Sampah yang menumpuk di Kali Baru itu, kata Dadan, mulai pekan lalu saat hujan mengguyur.

“Membersihkan sampah di Kali Baru rutin kami lakukan tiap hari. Namun, ketika hujan, Kali Baru kembali dipenuhi sampah kiriman hulu,” imbuhnya.

Sebab, apabila dilihat dari jenis sampahnya merupakan sampah kiriman dari hulu melalui Sungai Ciliwung. Akan tetapi, masih kata Dadan, ada sebagian juga yang berasal dari masyarakat sekitar Kali Baru.

“Kepada masyarakat tolong jangan membuang sampah sembarangan, apa lagi di kali,” harapnya. (ter)

Share :