FOKUS :

Ketika Edhy “Tersandung” Benih Lobster

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sebagai tersangka kasus ekspor benih lobster. Dalam kasus...

1-min

37 Warga di Satu RW Tugu Cimanggis Depok Terpapar Covid-19

Corona Depok ok

Rumah Warga di Kelurahan Tugu sedang disterilisasi. (sugawa.id)

Sugawa.id – Puluhan warga di satu rukun warga (RW), Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok terpapar Covid-19 dan dua di antaranya meninggal dunia.

Kepala Bidang (Kabid) Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok Denny Romulo Hutauruk menyampaikan, peristiwa itu terjadi dalam satu hari tepatnya Sabtu (14/11/2020). Di lokasi RW itu pun, ada dua orang meninggal akibat Covid-19.

Romulo mengatakan, 37 warga yang terpapar Covid-19 dan dua di antaranya meninggal dunia itu terletak di RT001 hingga RT 11 di RW02 Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok. “11 RT di 1 RW di Tugu, Cimanggis, ada 37 orang positif Covid-19 dan 2 orang meninggal,” ujar Romulo, Minggu (15/11/2020).

Awal penularan virus asal Wuhan, China itu terjadi karena kontak erat dengan seorang warga yang diketahui bekerja di daerah DKI Jakarta. “Saat itu, yang bersangkutan mendapatkan hasil positif Covid-19 usai menjalani swab. Lalu, kami dari Penanggulangan Bencana yang terdiri atas pihak Puskesmas Kelurahan Tugu dan DPPKP Kota Depok langsung tracking dengan melakukan tes swab, hingga akhirnya didapati 37 orang positif Covid-19,” bebernya. 

Dari tracking itu, warga dianjurkan melakukan isolasi mandiri di rumah sakit. Sedangkan dua warga meninggal telah dirawat beberapa hari. “Sebagai langkah pencegahan, lokasi tersebut juga sudah disemprot cairan disinfektan dan warga diminta untuk menerapkan protokol kesehatan secara baik dan benar,” imbuhnya. 

Sebanyak 60 persen kasus Covid-19 di RW 02 Kelurahan Tugu, kata dia, terjadi lantaran adanya kontak erat. “Kontak erat mendominasi kasus Covid-19 di RW 02 Tugu, kami juga tidak lupa menghimbau masyarakat menerapkan 3M (mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak) dengan baik dan benar,” tutupnya. (ter)

Share :