FOKUS :

Ketika Edhy “Tersandung” Benih Lobster

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sebagai tersangka kasus ekspor benih lobster. Dalam kasus...

1-min

106 Santri dan Pengasuh Ponpes Baitul Hikmah Depok Positif Covid-19

corona virus bbc ok

Virus Corona (BBC)

Sugawa.id – Sebanyak 106 santri dan pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Baitul Hikmah di Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok dinyatakan positif Covid-19 usai melakukan tes swab. Pemkot Depok pun memberlakukan pembatasan aktivitas di sekitar lokasi.

“Pemkot Depok memberlakukan karantina mandiri untuk satu kompleks dan memberlakukan pembatasan aktivitas sekitar Ponpes,” kata Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok Dadang Wihana, Selasa (17/11/2020).

Dadang menjelaskan, bahwa pemberlakukan karantina dan pembatasan aktivitas di ponpes guna mencegah potensi penyebaran Covid-19 yang lebih luas. Awal pekan kemarin, sebanyak 39 santri dan pengasuh Ponpes positif Covid-19. Mereka menjalani isolasi di Ponpes. Sedangkan 220 santri dan pengasuh menjalani tes swab di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI). “Dari 220 orang yang menjalani swab, hasilnya 106 orang positif Covid-19,” ujarnya.

Dari tingginya kasus Covid-19 mengakibatkan Ponpes tersebut dijadikan tempat isolasi Covid-19. “Pasien yang positif diisolasi kamar tersendiri di ponpes. Sedangkan pasien yang bergejala atau orang tanpa gejala (OTG) dipindah ke RS rujukan Pemkot,” imbuhnya.

Dadang mengungkapkan, untuk sementara proses belajar mengajar di Ponpes ini ditiadakan. “Di Ponpes ini hanya ada aktivitas isolasi. Sedangkan untuk santri dan pengasuh negatif Covid-19 dipulangkan ke rumah mereka masing-masing,” tuturnya.  “Santri dan pengasuh yang belum keluar hasil tes swabnya ditempatkan di kamar tersendiri. Bagi santri dan pengasuh yang negatif dipulangkan dengan mengisi nama dan tempat tinggal pada formulir,” sambungnya.

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok Denny Romulo Hutauruk mengatakan, mulai Minggu (15/11/2020) Ponpes yang berada di Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok telah dilockdown. “Sejak Minggu (15/11) Ponpes di lockdown. Itu dikarenakan terdapat 145 santri dan pengasuh (39+106) positif Covid-19,” kata Romulo. (ter)

Share :