• Kamis, 28 September 2023

Penutupan Jembatan Cikereteg Diperpanjang, Begini Penjelasan Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional

- Senin, 10 Juli 2023 | 08:41 WIB
Jembatan Cikereteg alami longsor susulan (Instagram (@pupr_jawabarat)
Jembatan Cikereteg alami longsor susulan (Instagram (@pupr_jawabarat)

SUGAWA.ID- Situasi Jembatan Cikereteg yang jadi penghubung jalan nasional Sukabumi-Bogor kembali Mengalami longsor, pada Kamis, 6 Juli 2023 pukul 13.00 WIB. Sebetulnya, pada hari tersebut sudah direncanakan akan dibuka untuk umum walau sebelumnya sempat mengalami penutupan hampir sebulan akibat longsor.

Kini diketahui imbas dari longsor susulan tersebut, bukan hanya kendaraan roda dua saja yang dilarang melintasi Jembatan Cikereteg, namun pejalan kaki juga dilarang melintasi jembatan tersebut. Dari hasil investigasi akibat longsor tersebut, area sekitar dudukan jembatan (bailey) jadi menggantung dan rawan amblas sehingga sangat tidak aman jika harus dilintasi.

Kondisi tersebut makin diperburuk adanya pipa air PDAM di bawah Jembatan Cikereteg yang mengalami bocor dan akibatnya membuat area longsoran semakin meluas di bagian tebing.

Baca Juga: Jadwal Lengkap MotoGP Inggris 4-6 Agustus 2023 dan Tayangan di TV Nasional, Serta Kabar Francesco Bagnaia

Maka dari itu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menargetkan segera menyelesaikan satu sisi jembatan permanen Cikereteg yang dijadwalkan rampung pada Sabtu, 15 Juli 2023 mendatang. Upaya ini dilakukan agar fokus pengerjaan jembatan permanen dapat secepatnya selesai. Apabila satu sisi rampung, maka diharapkan jembatan Cikereteg yang jadi penghubung Jalan Raya Sukabumi-Bogor dapat dilalui kendaraan.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat, Brawijaya menghimbau kepada masyarakat kiranya untuk bersabar. Pihaknya sedang berusaha secepatnya untuk merampungkan pembangunan jembatan permanen sisi yang lain.

"Tentunya yang kita harapkan pengertian kepada seluruh masyarakat untuk bersabar, sambil kita mempercepat proses pembangunan yang dikerjakan nonstop. Sedang dikebut agar jembatan yang satu sisi selesai tanggal 15 Juli 2023," ungkap Brawijaya.

Baca Juga: Rumah Selebgram Michael Rendy dan Lizzebethmua Dirampok Tetangga, Ini Modusnya

Lebih lanjut, Brawijaya menjelaskan kendala yang dihadapi dalam proses pembangunan jembatan yaitu terbatasnya ruang gerak. Hal itulah yang menjadi salah satu faktor mempengaruhi pada saat pemasangan gelagar. Menurut Brawijaya, dalam satu hari bisa 5 gelagar yang terpasang, namun akibat terbatasnya ruang gerak di sekitar pembangunan maka pihaknya hanya dapat membangun satu gelagar dalam satu hari.

Kendati demikian dengan ruang gerak yang terbatas, sejauh ini sudah empat gelagar jembatan yang sudah terpasang sempurna. Pekerjaan lain yang akan dilakukan yaitu proses pembongkaran girder launcher atau peluncur gelagar.

"Sekarang gelagarnya sudah terpasang semua, kita dalam sesi pembongkaran girder launcher atau peluncur gelagar. Dibongkar seiring dengan itu sekalian kita melakukan proses pekerjaan yang dapat kita lakukan, yaitu persiapan proses pengecoran plat lantai, nanti tentunya ada pembesian dan sebagainya," terangnya, Minggu, 9 Juli 2023. ***(Amos Aria Putra)

Editor: Wahyu Wibisana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa Meninggal Dunia

Rabu, 27 September 2023 | 19:31 WIB

Pelaku KDRT di Cinere Disidangkan, Ini Dakwaan JPU

Rabu, 13 September 2023 | 22:53 WIB
X