Pesawat Hawker 900 XP Tergelincir di Morowali, Awak dan Penumpang Selamat. Operasional Bandara Terganggu

- Jumat, 12 Mei 2023 | 09:30 WIB
Penampakan badan pesawat milik PT Angkasa Super Services berjenis Hawker 900 XP yang tergelincir di Morowali (Dok Foto Airnav)
Penampakan badan pesawat milik PT Angkasa Super Services berjenis Hawker 900 XP yang tergelincir di Morowali (Dok Foto Airnav)

Sugawa.id - Sebuah Pesawat milik PT Angkasa Super Services berjenis Hawker 900 XP dengan registrasi PK-LRU dengan rute Halim Perdanakusuma - Bandara Morowali (MOH) tergelincir sejauh 200 meter dari ujung landasan 05, Bandara Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng), Kamis (11/5) sore.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tergelincirnya pesawat Hawker 900 XP dengan registrasi PK-LRU tersebut, namun akibat peritiwa itu hingga , Kamis (11/5) malam Bandara Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng) operasional penerbangan dan pelayanan navigasi penerbangan di Bandara Morowali masih ditutup sementara.

Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia Rosedi dalam keterangan persnya, Kamis (11/5) malam menyatakan hingga pukul 22.00 WITA malam Bandara Morowali belum dapat dioperasionalkan.

Baca Juga: Tidak Disukai Netizen, Elon Musk Mundur sebagai CEO Twitter. Ini Calon Penggantinya

“Operasional penerbangan dan pelayanan navigasi penerbangan di Bandara Morowali masih ditutup sementara dan pihak Komite Nasional Kecelakaan Transportasi (KNKT) masih melakukan investigasi terkait peristiwa tersebut,” tutur Rosedi.

Rosedi menyatakan pesawat tersebut mengalami kecelakaan saat mendarat di Bandara Morowali setelah berangkat dari Halim Perdana Kusuma, Jakarta. Setiba di Bandara Morowali pesawat tergelincir keluar dari landasan.

Petugas PKP-PK dan aviation security (Avsec) pun langsung sigap menuju lokasi kejadian dan segera melakukan evakuasi terhadap 4 orang kru dan 4 orang penumpang yang kesemuanya selamat.

Baca Juga: Kekayaan Naik Drastis, Dokumen Anggaran, dan Ijazah Kepala BKPSDM Pangandaran Dipertanyakan Netizen

"Hingga statement ini dikeluarkan Kamis (11/5) pukul 22.00 WIB, operasional penerbangan dan pelayanan navigasi penerbangan di Bandara Morowali masih ditutup sementara," ucap Rosedi, dikutip dari Antara, Jumat (12/5).

Sebelumnya, Polda Sulteng menyatakan awak dan penumpang pesawat yang mengalami insiden kecelakaan di Bandara Morowali seluruhnya selamat.

Kabid Humas Polda Sulteng, Kombes Djoko Wienartono menyatakan bahwa penumpang pesawat tersebut adalah warga negara asing (WNA) dan di dalam pesawat yang tergelincir ada empat awak dan empat penumpang WNA China yakni Zhou Yuan, The Cha le, Wu Zhi Qiang, dan Wu Xi Xiong.

Baca Juga: Terkait Laporan Husein Ali Rafsanjani, Bupati Pangandaran Bentuk Tim Khusus dan Non-aktifkan Kepala BKPSDM

Keempat penumpang rencananya akan menuju Morowali Utara, tepatnya menuju PT Gunbuster Nickel Industri (PT GNI), sebuah perusahaan industri smelter nikel Indonesia di Sulteng.

Sementara awak pesawat yakni pilot Kapt Sutisno, kopilot bernama Muh Faisal, pramugari Aisyah, dan teknisi Ahmad Riyadi.

Halaman:

Editor: Wahyu Wibisana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X