• Jumat, 29 September 2023

Uday Suhada: Ada Motif Lain di Balik Rencana Mutasi

- Minggu, 2 April 2023 | 20:33 WIB
Aktivis dan Pegiat Anti Korupsi Banten, Uday Suhada (Ist)
Aktivis dan Pegiat Anti Korupsi Banten, Uday Suhada (Ist)

Sugawa.id - Sebanyak  487 jabatan eselon lll dan IV di Pemerintah Provinsi Banten dikabarkan akan menerima rotasi dan mutasi jabatan Senin (3/4/2023) besok. Apabila benar, ini adalah jumlah mutasi jabatan yang terbesar. 

Aktivis antikorupsi Uday Suhada menilai hal ini patut dipertanyakan. Uday menduga ada motif lain di balik rencana mutasi tersebut. Apalagi isu ini muncul di tengah gonjang-ganjing nama Penjabat (Pj) Gubernur Al Muktabar yang terancam tidak masuk ke dalam usulan calon Penjabat Gubernur berikutnya.

Menurut Uday, yang harus diprioritaskan dalam manajemen kepegawaian Pemprov Banten adalah pengukuhan para ASN pada jabatan definitifnya pasca perubahan organisasi OPD. Pasalnya, sejak Januari lalu mereka mayoritas berstatus Plt.

Baca Juga: Mau Mudik Lebaran, Pastikan E-toll Anda Cukup. Ini Daftar Tarif Tol Trans Jawa 2023

"Status Plt ini membuat resah mayoritas ASN, menurunkan kinerja dan mengganggu pelayanan publik," tegas Uday.

"Namun siapa yang mengambil manfaat dari kebijakan Pj Gub yang sangat mendadak dan di waktu yang tidak tepat ini?" tanya Uday yang juga Direktur Eksekutif Aliansi Independen Peduli Publik (ALIPP) ini. 

Rencana mutasi besar-besaran itu ditengarai sebagai bagian dari kompromi politik dengan pihak-pihak tertentu agar Al Muktabar mendapat dukungan untuk diajukan oleh DPRD sebagai calon Penjabat Gub Banten.

Baca Juga: Rafael Alun Bilang Mau Dibunuh KPK Viral, Netijen Bilang Tas Isterinya Dijual Bisa Beli Makan Se-Citayem

"Jika ini terjadi maka manajemen ASN akan rusak, profesionalisme dan netralitas ASN semakin jauh dari harapan," beber Uday.

Sebelumnya, Kamis (30/3/2023) beredar pembicaraan yang hangat di grup medsos. Rencana mutasi itu sebagai bentuk imbal balik agar nama Al Muktabar masuk ke dalam usulan DPRD yang harus diserahkan ke Kemendagri pada Kamis mendatang.

“Semacam barter, beberapa fraksi bersedia memberikan dukungan kepada Al-Muktabar, asal Al-Muktabar mau melantik pejabat eselon 3 dan 4 yang diusulkan oleh DPRD,” begitu bunyi pesan yang tersebar di group-group Whatsapp.

Baca Juga: Aduh Sejumlah ASN Twitwar Soal Tukin, Ujung-ujungnya Oknum Pegawai Kemenkeu Dikecam Karena Dianggap Sombong

Dalam pesan berantai juga disebutkan jika Pj Gubernur Banten Al Muktabar siap memenuhi permintaan tersebut dan langsung meminta Sekjen Kemendagri Suhajar untuk  mengabulkan permohonan mutasi.

Saat dikonfirmasi pesan yang tersebar tersebut, Ketua DPRD Banten Andra Sony, tidak  merespon panggilan wartawan media ini. Seolah kompak, Al Muktabar juga tak merespon kabar miring ini.

Halaman:

Editor: Sihar Ramses Simatupang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa Meninggal Dunia

Rabu, 27 September 2023 | 19:31 WIB

Pelaku KDRT di Cinere Disidangkan, Ini Dakwaan JPU

Rabu, 13 September 2023 | 22:53 WIB
X