FOKUS :

RUU PKS “Kalah Seksi” dari Omnibus Law Cipta Kerja

RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) kalah seksi dengan UU Cipta Kerja. Buktinya meski telah dibahas hampir 6 tahun, RUU ini...

1-min

Teruhito Sugawara Sempat Menabrak Batu di Race Pertama Dakar Rally 2020

Foto: Dok. Hino

Sugawa.id – Persaingan di Dakar Rally 2020 sudah dimulai sejak 5 Januari. Pada hari pertama para kontestan sebanyak 46 tim untuk kategori truk, melaju sejauh 319 km antara Jeddah dan Al Wajh di sepanjang Laut Merah.

Special stage (SS) dimulai dengan jalan berliku di daerah intermountain dan bergeser ke bukit pasir yang kecil. Pada paruh kedua kontestan dihadapkan pada area terbuka yang luas, dengan penggunaan ban baru menimbulkan tantangan yang kompleks bagi para navigator.

Tingkat kesulitan di race pertama relatif tinggi, karena risiko tusukan oleh batu-batu yang tersembunyi di medan berpasir. “Menabrak batu di paruh pertama dan ban kanan depan tertusuk, setelah itu balapan berjalan lancar dan truk berhasil mencapai garis finish setelah melewati medan yang berat dan baru,” kata Teruhito Sugawara, driver sekaligus direktur Hino Team Sugawara.

Dikutip dari keterangan tertulis dari Hino Motors Sales Indonesia, Hino Team Sugawara yang merupakan satu–satunya kendaraan asal Jepang di kategori truk, menurunkan dua tim dalam Dakar Rally 2020.

Kedua truk Hino Team Sugawara memulai dengan awal yang baik, dimana tim pertama yang dikemudikan oleh Teruhito Sugawara, beserta dua navigator Hirokazu Somemiya dan Yuji Mochizuki menyelesaikan balapan di posisi ke-13 di kategori overall trucks.

Sedangkan tim kedua yang dikemudikan oleh Ikuo Hanawa, dan dua navigator Yudai Hanawa, dan Mayumi Kezuka berada di urutan ke-19 di special stage (SS) pertama.

Pada tahun ini, Dakar Rally berpindah dari Amerika Selatan ke Arab Saudi. Memiliki arena lomba yang berbeda, membutuhkan masa penyesuaian yang besar untuk medan padang pasir di negara itu. Perpindahan ini, menandai awal dari era ketiga reli ini yang diresmikan pada 1978 di Afrika.

Paruh pertama Dakar Rally 2020, arena balap berada di sekitar bagian utara Arab Saudi, mulai dari Jeddah pada 5 Januari dan tiba di ibu kota Riyadh pada 10 Januari. Di paruh kedua setelah break, kontestan menuju ke selatan ke daerah dekat perbatasan Yaman/Oman, dan mencapai garis finish di Qiddiya dekat Riyadh pada 17 Januari.

Perlombaan Dakar Rally memakan waktu selama 13 hari, yang terdiri dari 12 stage sejauh 7.856 km termasuk 5.097 km spesial stage dan diprediksi akan lebih menantang dari sebelumnya, terutama di medan padang pasir.

Team Hino Sugawara berlaga di Dakar Rally tahun ini dengan komposisi tim baru. Teruhito Sugawara kini mengambil alih posisi direktur tim dari sang ayah, Yoshimasa Sugawara (77 tahun) yang telah mengumumkan pensiun di ajang Dakar Rally tahun lalu, setelah 37 tahun mengikuti lomba ini.

Teruhito Sugawara yang pernah dua kali mengunjungi booth Hino Indonesia di GIIAS, mengemudikan tim pertama menggunakan Hino Ranger atau Hino500 Series seperti yang ada di Indonesia. Sekaligus ini menjadi bukti truk–tuk Hino memiliki ketangguhan dan kekuatan yang handal di medan ekstrim sekalipun, karena truk ini dikembangkan dengan filosofi Quality, Durability, Reliability (QDR).

 

Truk Hino 500 series dan Hino 600 series yang digunakan di Dakar Rally 2020. Foto: www.hino-global.com

 

Tim kedua pembalap Ikuo Hanawa yang memiliki pengalaman luas dalam balap off-road, mengemudikan truk baru tipe Hino600 Series “bonet” yang dikembangkan untuk pasar Amerika Utara dan dilengkapi dengan transmisi otomatis. Sementara itu untuk tim mekanik, terdiri dari mekanik-mekanik yang dididik dan berhasil melewati seleksi oleh Hino Motors Limited (HML) Japan dari dealer–dealer Hino yang ada di Jepang. Komposisi tim baru ini dibentuk guna mempertahankan juara secara beruntun ke-11 dalam Kelas u10-liter engine. (gas)

Share :