FOKUS :

Ketika Edhy “Tersandung” Benih Lobster

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sebagai tersangka kasus ekspor benih lobster. Dalam kasus...

1-min

Sensasi Debut “Super Haaland”

Erling Braut Haaland merayakan golnya ke gawang Ausburg dalam debutnya di Budesliga, Sabtu (18/1/2020). Penyerang muda Dortmund ini mencetak 3 gol untuk membawa timnya menang 5 – 3 atas Ausburg. Dok Foto : Web Resmi Dortmund.

 

Sugawa.id – Manchester United mungkin menjadi klub yang paling menyesal ketika beberapa waktu lalu gagal merekrut pemain muda potensial Erling Braut Haaland dari Red Bull Salzburg dijendela transfer Januari 2020 ini. Pasalnya, pemain muda ini tampil apik di debut pertamanya Bersama klub Jerman Borussia Dortmund.

Pemain kelahiran Leed, Inggris 19 tahun lalu ini langsung bisa melesakkan 3 gol ke gawang tuan rumah Augsburg dalam laga ke-18, Dortmund di Budesliga, Sabtu (18/1/2020). Hebatnya lagi, sebelum Haaland masuk, anak asuh Lucien Favre ini sedang dalam ketinggalan 1 – 3 dari tuan rumah.

Dalam posisi tertinggal, pemain berkewargaan Norwegia ini langsung “tancap gas” untuk membayar kepercayaan Favre, kala dirinya ditunjuk sebagai pengganti Lukasz Piszczek. Supernya lagi, Haaland langsung mencetak gol pada sentuhan keduanya dengan durasi waktu kurang dari 3 menit. Setelah menerima umpan Jadon Sancho, dia menuntaskannya menjadi gol perdananya di Budesliga. 2 – 3, Dortmund masih tertinggal.

Aksinya di lapangan hijau kian “ganas”, pasca Sancho berhasil mencetak gol untuk menyamakan kedudukan menjadi 3-3. Dan kerja kerasnya membuahkan hasil ketika di menit ke-70, Haaland kembali mencetak gol kedua setelah menuntaskan umpan matang Thorgan Hazard. Dortmund pun berbalik unggul 4-3.

Tepat 9 menit pasca gol kedua, Haaland mencitptakan hat-tricknya di menit ke-79. Dengan trigolnya itu, Halaand menyamai catatan apik yang pernah ditorehkan striker Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang ketika dia menjalani debut sebagai pemain Dortmund kala itu. Aubameyang juga sukses mencatatkan hat-trick pada laga perdananya.

Seusai laga Pelatih Dortmund Lucien Favre tak sungkan memuji setinggi langit penampilan debut striker barunya, Erling Braut Haaland. “Haaland menunjukkan kehebatan dengan pergerakannya, dan dia mencetak tiga gol yang luar biasa. Dia bergerak di antara garis pertahanan lawan, yang memberi kami cara lain ketika menyerang. Pada usia 19 tahun, dia memiliki potensi besar untuk berkembang, Fenomenal! Dia telah memberikan kesan pertama yang baik,” kata Favre.

Halaand sendiri mengaku dirinya sangat senang kala mampu mencetak 3 gol dan membawa pulang 3 poin untuk Dortmund. “Saya senang,” katanya singkat seperti dikutip dari situs resmi Borrusia Dortmund.

Haaland memulai karirnya di klub kota asalnya Bryne FK pada 2016, dan pindah ke Molde FK tahun berikutnya di mana ia menghabiskan dua tahun di sana sebelum akhirnya pindah ke RB Salzburg. Nama Halaand kemudian mencuat karena tampil apik bersama Salzburg.

Namanya semakin meroket ketika mampu melesakkan gol ke gawang Liverpool di stadion Anfield dalam ajang Liga Champions. Sejak itu, Halaand jadi “buruan” tim-tim kelas atas Eropa, salah satunya yang paling ngebet adalah Manchester United. Namun pemain 19 tahun ini lebih memilih Dortmund sebagai labuhan berikutnya dan ternyata memang pilihannya tepat. (wib)

Share :