FOKUS :

RUU PKS “Kalah Seksi” dari Omnibus Law Cipta Kerja

RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) kalah seksi dengan UU Cipta Kerja. Buktinya meski telah dibahas hampir 6 tahun, RUU ini...

1-min

Liverpool Bisa Menangi Liga Inggris Jika Samai Poin Musim Lalu

Liverpool kala menjuarai Piala Dunia Antar Club 2019. Dok Foto : Liverpool FC.  

Sugawa.id – Pasca memenangkan Piala Dunia Antar Klub, Liverpool digadang-gadang masih sangat berpeluang meraih gelar Liga Primer untuk kali pertama tahun ini. Hampir seluruh analis sepak bola dunia menjagokan anak-anak asuh Jurgen Klop ini sebagai kampiun tahun ini.

Mantan pelatih Arsenal, Arsene Wenger adalah salah satunya. Dia menyatakan pengalaman Liverpool gagal juara musim lalu akan menjadi pengalaman berharga untuk memenangkan title Liga Inggris musim ini. “Liverpool tahun ini dalam performa terbaik dan kebetulan lawan-lawan mereka tak tampil istimewa seperti musim lalu,” ujar pria berjuluk sang professor ini.

Hal senada dilontarkan eks pelatih Liverpool, Rafa Benitez. Pelatih asal Spanyol ini menyatakan Liverpool mempunyai bekal yang cukup untuk meraih gelar tahun ini. “Menurut saya, mereka bisa juara. Mereka tampil apik dan konsisten,” cetus pria yang pernah menukangi Real Madrid ini.

Semua prediksi ini memang cukup beralasan, pasalnya dari 20 laga yang sudah dilakoni, Liverpool meraih 19 kali menang dan hanya sekali ditahan seri oleh Manchester United. Kini si Merah nyaman memimpin klasmen dengan selisih 13 poin dari peringkat kedua Leicester. Jumlah ini akan bertambah besar menjadi 16 poin, jika Liverpool meraih kemenangan atas West Ham di partai tunda nanti.

Namun ada yang menarik dalam perburuan gelar Liga Inggris yang kini sedang dilakoni juara Liga Champions 6 kali ini, yakni peluangnya meraih gelar untuk kali pertama sejak 30 tahun lalu puasa gelar bisa terwujud jika mereka bisa memperoleh capaian poin musim lalu, yakni 97 poin.

Bagaimana hitung-hitungannya, Sugawa.id coba menjabarkannya secara hitung-hitungan matematika. Dalam 20 pertandingan yang dilakukan Liverpool, klub berjuluk Merseyside Merah ini telah mengantongi 58 poin dan masih menyisakan 18 pertandingan (1 pertandingan lebih banyak dari Leicester di peringkat kedua).

Untuk meraih gelar, Liverpool cukup memenangkan 13 laga dari 18 laga tersisa. Jika berhasil memenangkan 13 laga artinya Liverpool akan kembali menorehkan poin yang sama dengan tahun lalu yakni 97 poin dan si merah akan melanggeng sebagai kampiun Liga Inggris.

Mengapa bisa begitu? Saat ini Leicester tertinggal dengan 13 angka dan memperoleh 45 poin. Klub asuhan Brandan Rogers ini masih menyisakan 17 partai di Liga Inggris. Artinya, jika saja mereka bisa menyapu bersih seluruh 17 tersisa (51 poin), maka poin maksimal yang bisa mereka raih adalah 96 poin, tertinggal 1 poin dari sang pemuncak klasmen.

Bagaimana dengan Manchester City yang saat ini berada di peringkat 3 dengan selisih 14 poin? Peluang anak asuh Pep Guardiola ini lebih berat lagi, karena mereka masih akan menghadapi si merah pada 4 April 2020 mendatang. Jika pun mereka menang dan bahkan memenangkan 17 laga tersisa maka poin maksimal mereka adalah 95 poin alias tertinggal 2 poin, jika Liverpool memenangkan 13 laga tersebut.

Namun harus diingat bahwa Liverpool adalah tim yang telah beberapa kali mengalami kegagalan meraih gelar di saat-saat akhir. Liverpool musim lalu gagal menjadi juara, meski sudah unggul 7 poin dari Manchester City. Di musim 2015, juga Liverpool gagal juara karena pasca insiden terplesetnya sang legenda Steven Gerard kala menghadapi Chelsea. Padahal dengan kemenangan atas Chelsea, bisa saja sang kapten bisa meraih gelar Liga Primer yang pertama. Jadi menarik untuk disimak, perkembangan liga Inggris dalam 13 pekan ke depan.(wib)

Share :