FOKUS :

Ketika Edhy “Tersandung” Benih Lobster

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sebagai tersangka kasus ekspor benih lobster. Dalam kasus...

1-min

Indonesia Tentukan 6 Provinsi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Jokowi Kompas

Presiden RI Joko Widodo (kompas)

Sugawa.id– Pemerintah menunjuk 6 Provinsi sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 yang akan digelar Mei hingga Juni 2021. Keenam provinsi yang ditunjuk DKI Jakarta, Sumatra Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

“kita membahas dan melihat persiapan dalam rangka penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di tahun 2021, yang insyaallah akan dilaksanakan di bulan Mei dan Juni 2021,” ujar Presiden Joko Widodo, Selasa (20/10/2020).

Presiden menyatakan Indonesia harus memastikan penyelenggaraan ajang olahraga ini harus dipersiapkan secara detail, khususnya penggunaan protokol kesehatan, agar peserta dari negara negara lain dapat merasa aman dari Covid-19 ketika mengikuti ajang kompetisi ini.

“Kita harus pastikan Indonesia telah mempersiapkan protokol kesehatan yang ketat, sehingga aman untuk dikunjungi dan dijadikan tempat untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20,” tegas Jokowi.

Terkait persiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-20, Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 8 Tahun 2020 tentang Dukungan Penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup Tahun 2021. Dalam Inpres yang ditandatangani pada 15 September tersebut, Presiden memerintahkan kepada sejumlah Menteri dan Kepala Lembaga serta Kepala Daerah untuk mengambil langkah-langkah sesuai tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masing secara terkoordinasi dan terintegrasi.

Presiden juga menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 19 Tahun 2020 tentang Panitia Nasional Penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup Tahun 2020, atau disebut Indonesia FIFA U-20 World Cup Organizing Committee (INAFOC). Berdasarkan Keppres tersebut, Panitia Nasional INAFOC mempunyai tugas menyiapkan dan menyelenggarakan FIFA U-2O World Cup Indonesia Tahun 2021 yang akan diselenggarakan di enam provinsi tersebut.(wib)

Share :