• Kamis, 28 September 2023

Manchester City Dikabarkan Sepakat Datangkan Josko Gvardiol, Sekarang Dia Jadi Bek Termahal Ketiga Dunia

- Kamis, 3 Agustus 2023 | 12:29 WIB
Bek RB Leipzig Josko Gvardiol (IG Josko Gvardiol)
Bek RB Leipzig Josko Gvardiol (IG Josko Gvardiol)

SUGAWA.ID - Bek tengah RB Leipzig dan Kroasia Josko Gvardiol dikabarkan hampir mencapai kesepakatan transfer senilai £ 77,6 juta atau setara dengan Rp 1,47 triliun dengan Manchester City.

Dengan nilai transfer tersebut, maka Josko Gvardiol akan menjadi bek termahal kedua di bawah Harry Maguire yang dibeli Manchester United senilai £ 80 juta pada 2019 atau di atas bek Liverpool Virgil CVan Dijk yang dibeli seharga £ 75 juta.

Sky Sport Kamis 3 Agustus 2023 melaporkan bahwa Manchester City dan RB Leipzig telah menyetujui biaya transfer sebesar £77,6 juta tersebut untuk mendatangkan bek tengah Josko Gvardiol. Jika transfer ini terwujud maka harapan klub Liga Inggris Chelsea dan Tottenham untuk mendapatkan pemain internasional Kroasia berusia 21 tahun tersebut kandas.

Baca Juga: Catatan Wartawan, Antara Politisi Kelas Dunia dan Bajingan Politik yang Menggerung

Saat ini Gvardiol merupakan bek tengah internasional Kroasia berkaki kiri yang dianggap sebagai salah satu bek tengah terbaik di Eropa, Namanya mencuat saat berlangsung Piala Dunia 2022 lalu di Qatar.

Saat itu sang pemain mengenakan topeng saat berlaga di leg pertama babak 16 besar. Meski dalam kondisi tidak ideral karena mengenakan topeng, pemain Kroasia itu mampu menunjukkan penampilan terbaiknya di kancah Piala Dunia.

Meski dia baru berusia 21 tahun, dia begitu didambakan oleh klub-klub top Eropa. Penampilan defensifnya yang matang diakhiri dengan sundulan yang mematikan ke gawang lawan, membuat dirinya sukses bersama klub Jerman RB Liepzig.

Baca Juga: Franco Morbidelli Resmi Tinggalkan Yamaha Monster Energy di Akhir Musim MotoGP 2023, Berikut Penjelasannya

Joško Gvardiol adalah pemain kelahiran 23 Januari 2002 dan menjadi pemain sepak bola profesional bersama klub Trešnjevka dan kemudian hengkang Dinamo Zagreb. Penampilannya yang ciamik ketika bersama Dinamo Zagreb membuat dirinya kemudian ditarik ke RB Leipzig.

Di tingkat timnas Kroasia, Gvardiol juga selalu masuk timnas junior Kroasia sejak kelompok umur U-14 hingga U-21 dan dia tampil perdana untuk timnas senior Kroasia di pertandingan mereka menghadapi Inggris di Kejuaraan Eropa UEFA 2020. ***

 

Editor: Wahyu Wibisana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Marco Bezzenchi Cetak Rekor Baru di MotoGP India

Rabu, 27 September 2023 | 21:33 WIB
X