Sugawa.id-Sudah jadi rahasia umum bahwa MotoGP adalah salah satu cabang olahraga kompetitif paling mahal di dunia pabrikan otomotif khususnya sepeda motor. Tim berlomba-lomba mengembangkan teknologi dan juga motor mereka agar tetap menjadi yang tercepat di lintasan.
Pengembangan motor dalam crew team, biaya travel dan segala biaya gaji pembalap dan crew adalah pengeluaran terbesar tim-tim yang berlomba di kelas MotoGP dan kelas seperti Moto3 dan Moto2. Oleh karena itu sokongan dana menjadi hal yang sangat penting untuk keikutsertaan tim-tim di MotoGP.
Pada perkembangannya, MotoGP kemudian banyak dihiasi oleh logo-logo dan lambang dari perusahaan atau lembaga yang menjadi sponsor mereka. Tidak jarang beberapa lembaga atau perusahaan ini logonya terpampang sangat besar baik di motor maupun di seragam crew team MotoGP.
Baca Juga: Jelang Mudik Lebaran, Penjualan Mobil Bekas di Kawasan Bogor Meningkat, Jenis Ini yang Banyak Dicari
Contohnya seperti Honda dengan repsol. Sejak tahun 1995 keberadaan Repsol sudah bersinonim dengan keberadaan Honda. Sementara itu di masa lalunya perusahaan rokok yang identik dengan warna biru. Itu dilakukan karena Valentino Rossi menang dengan Yamaha dengan sponsor ini. Warna Yamaha yang tadinya identik dengan kuning. Yang dulunya indentik dengan pembalap Kenny Robert dan merah Marlboro berubah menjadi biru.
Keberadaan sponsor itu sangat penting dan berpengaruh untuk finansial tim. Sehingga para pemilik pabrikan rela melakukan apa pun yang sponsor minta, agar mereka tetap mendapatkan sokongan dana.
Berapa sih dana yang harus dibayarkan sponsor kepada tim-tim di MotoGP? Mari kita simak bersama-sama, ada beberapa jenis sponsor di MotoGP.
Baca Juga: Ini Cara Memastikan Transaksi QRIS yang Aman, Nomor 3 Sering Buat Kita Kecolongan
Pertama, yang Paling umum adalah paket partnership level sponsor. Ini adalah paling rendah dan paling murah di MotoGP. Jadi partnership di MotoGP, perusahaan sponsor diperbolehkan untuk melakukan marketing dan membuat story telling tentang kerja sama brand mereka dengan tim MotoGP.
Mereka tidak bisa membentuk brand awareness. Sponsor jenis tidak dipajang logonya di dinding maupun seragam tim-tim MotoGP. Namun biasanya bentuk perusahaannya adalah perusahaan bisnis to bisnis yang ingin memperoleh keuntungan lewat hospitality MotoGP.
Contoh, perusahaan catering makanan, perusahaan penyedia internet dan lain sebagainya. Untuk bisa menjadi sponsor di MotoGP perusahaan biasanya membayar sebesar Rp 800 juta setiap tahunnya.
Baca Juga: Tindak Pidana Berat, AG Divonis Hanya 3,5 Tahun, Komnas Perlindungan Anak Respons Begini
Di paket partnership ini adalah VR46, Apparel dengan Yamaha di mana sekarang VR46 secara resmi mensuplai seragam crew yang dipakai oleh tim Fabio Coentrao, Yamaha monster energi di MotoGP.
Kedua, technical sponsor. Sponsor jenis ini, sebenarnya mirip dengan partnership namun memiliki beberapa keuntungan.
Sama seperti partnership, level sponsor technical memungkinkan sponsor tersebut mendapatkan benefit marketing dan story telling dari tim MotoGP yang bersangkutan. Namun kini perusahaan yang membayar untuk menjadi sponsor technical diperbolehkan untuk memajang logo mereka di seragam crew dan dinding serta motor tim-tim di MotoGP.
Artikel Terkait
Aprilia Resmi Memperkenalkan, Aprilia RS GP Musim 2023 MotoGP di Portugal.
Keren, Aprilia Buat Kejutan di Hari Pertama Tes Pramusim MotoGP Algarve, Portugal
Yamaha Coba Perangkat Unik di Tes Pramusim Motogp Portugal
Ini 5 Fakta Menarik di Seri MotoGP Musim 2022/2023 yang Paling Ditunggu-tunggu
MotoGP 2023, Jack Miller Buat Kejutan dan Marc Marquez yang Tercecer.
Hasil Kualifikasi MotoGP Portugal 2023, Marc Marquez Sukses Raih Pole Position
Juara Dunia 2022, Pecco Bagnaia Berhasil Jadi Pemenang di Seri Perdana Sprint Race MotoGP 2023 Portugal
Alami Insiden Mengerikan dengan Enea Bastianini di Portugal, Adik Valentino Rossi Diinvestigasi MotoGP
Hasil MotoGP Portugal 2023, Francesco Bagnaia Berhasil Keluar Sebagai Juara, Marc Marquez Crash Hebat
Kecelakaan dan Keluar dari Balap MotoGP, Marc Marquez Beri Klarifikasi